Terima kasih kepada Koran Jakarta atas pemuatan resensi buku “Bijak Memahami Masalah Kesehatan Terkini” pada hari Kamis, 22 Desember 2016 yang ditulis oleh Ratnani Latifah, Alumna Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara.

 

Berikut merupakan nukilan dari resensi buku tersebut.

 

Profesor Zullies Ikawati adalah guru besar Farmakolagi dan Farmasi Klinis, Fakultas Farmasi, Universitas Gajah mada. Dia menerima gelar doktornya di Ehime Universitas School of Medicine Japan bidang farmakologi. Buku ini mengenalkan berbagai penyakit di lingkungan masyarakat, beserta gejala, pencegahan, dan cara mengobatinya.

 

Setiap organ tubuh memiliki peran masing-masing. Jadi, penting dicek agar organ-organ tersebut selalu sehat. Beberapa penyakit yang sering menjangkit organ dalam pada tubuh manusia adalah sindrom nefrotik. Ini gangguan ginjal, hepatitis atau liver, dan overactive bladder (OAB).

 

Sindrom nefrotik adalah kumpulan gejala yang ditandai dengan proteiniura atau terdapatnya protein dalam air seni (lebih dari 3,5 gram per hari). Selain itu, kadar protein darah yang rendah, kadar kolestrol tinggi, trigliserida tinggi, dan adanya membengkakan, terutama di sekitar mata, kaki, serta tangan (hal 22).

 

Penyebabnya kerusakan pembuluh darah kapiler pada glomerulus ginjal yang menyaring sampah-sampah tubuh. Ada kelebihan air pada darah dan mengirimnya ke kandung kemih sebagai urin.  Gejalanya secara umum, adanya pembengkakan, urin tampak berbuih, nafsu makan berkurang, dan tekanan darah tinggi.

 

Hepatitis atau liver  adalah setiap  gangguang fungsi hati yang menyebabkan penyakit. Hati merupakan organ padat terbesar dalam tubuh berfungsi membuat dan mengeluarkan cairan empedu. Hati satu-satunya organ dalam tubuh yang mudah mengganti sel rusak. Namun jika sel-sel hati cukup banyak rusak atau hilang, tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan tubuh (hal 27).  Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada tubuh.

 

Selebihnya dapat dibaca di portal berikut http://www.koran-jakarta.com/uraian-gangguan-penyakit-organ-dalam/