“Perancangan Sistem Transmisi Roda Gigi” merupakan buku yang ditulis secara sistematis dan lengkap. Buku ini telah dilengkapi dengan semua topik tentang transmisi roda gigi, meliputi dasar sistem transmisi roda gigi, bentuk gigi dan proses manufaktur roda gigi, perhitungan beban roda gigi, roda gigi lurus, roda gigi miring, roda gigi kerucut, roda gigi cacing, rangkaian roda gigi, dan aplikasi rangkaian roda gigi pada mobil, yang dilengkapi dengan berbagai gambar pendukung pada setiap bab.

 

Isi dalam buku yang berjudul Perancangan Sistem Transmisi Roda Gigi cukup relevan sesuai kebutuhan para mahasiswa dan kaum professional sehingga dapat digunakan sebagai referensi dan panduan dalam mendesain roda gigi sesuai kebutuhan perancangan suatu mesin. Selain itu, isi buku ini dapat menunjang kebutuhan iklim kurikulum akademis khususnya kurikulum program studi teknik mesin untuk perguruan tinggi.

 

Isi dalam buku ini cukup mudah dipahami. Hal ini tampak pada tatanan yang dituliskan mulai dari penjelasan dasar teori dalam perancangan suatu elemen mesin sampai pada contoh perancangan roda gigi yang cukup mudah untuk dimengerti dan dilakukan oleh para pembaca.

 

Buku ajar ini menitikberatkan pada teori dan perancangan sistem transmisi roda gigi. Oleh karena itu, segmen pembaca pada buku ini dapat berasal dari kalangan SMK bidang ilmu otomotif dan manufaktur, mahasiswa D3 Teknik Mesin, mahasiswa S1 Teknik Mesin dan kalangan professional yang fokus pada bidang ilmu Teknik Mesin.

 

Kelebihan buku yang berjudul Perancangan Sistem Transmisi Roda Gigi adalah isi yang disajikan cukup lengkap mengenai tahapan perancangan sistem transmisi roda gigi, mudah dipahami, terdapat contoh soal dalam suatu perancangan sehingga memudahkan pembaca untuk mempelajari buku ini, serta buku didukung dengan referensi bereputasi. Selain itu, buku teknik semacam ini jarang ditemui di pasaran, rata-rata perguruan tinggi yang lebih mengutamakan modul pembelajaran “manual” menjadi salah satu penyebabnya.

 

Materi buku ini tentu sangat relevan bagi para mahasiswa dan masyarakat umum yang sedang mulai mempelajari sistem transmisi roda gigi karena disajikan secara sederhana, ringkas, dan mudah dipahami. Alih-alih, akan sangat membantu bagi kaum akademis untuk dapat memahami konsep teori perancangan roda gigi dengan baik sebelum membaca beberapa referensi lain pada bidang yang sama.