Mendengar kata penyakit, apa yang muncul di benak Anda? Apakah Anda langsung mengernyitkan dahi? Ya, kata penyakit sangat erat kaitannya dengan sesuatu yang negatif, sesuatu yang “mengancam”. Penyakit pada dasarnya merupakan gangguan kesehatan yang berkembang (jika tidak dicegah atau diobati) sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa maksimal dalam melakukan aktivitas.

 

Buku Ensiklopedia Penyakit ini menawarkan berbagai informasi yang menarik tentang penyakit. Buku yang dirancang khusus ini menampilkan berbagai penyakit yang ada di dunia kedokteran, tanpa memandang penyakit menular atau tidak menular, juga tanpa mempertimbangkan pengelompokan organ tubuh serta spesialis maupun sub-spesialis tertentu. Penyajian dilakukan dengan pendekatan abjad, dimulai dari abjad A sampai Z.

 

Dalam buku berisi ratusan jenis penyakit ini, setiap tampilan suatu penyakit disertai ilustrasi berupa gambar. Dengan harapan dapat memperjelas gambaran sesuatu penyakit, menarik, mudah dipahami, dan tentunya menjaga daya baca Anda. Dapat dikatakan bahwa ensiklopedia setebal 538 halaman ini merupakan karya yang baru pertama kali dalam dunia penerbitan di Indonesia.

 

Hampir semua penyakit yang tersaji dalam buku ini, yang meliputi penyebab, tanda, dan gejala, diagnosis serta terapi, prognosis disampaikan secara praktis. Diharapkan buku ini dapat membantu Anda yang ingin mengetahui secara cepat tentang sesuatu penyakit serta upaya-upaya yang dapat dilakukan, sebelum meminta pertolongan dokter. Oleh karena itu, ensiklopedia ini bukan dimaksudkan sebagai pengganti rujukan dokter, melainkan sekadar membantu untuk memperoleh informasi utuh tentang sesuatu penyakit sebelum ke dokter. Terlepas dari itu, juga untuk merawat kesehatan yang Anda miliki sekarang. Jadi, buku ini sangat cocok untuk dimiliki oleh siapa pun, terutama Anda yang menyayangi kesehatan tubuh Anda.



*Ganjar S.
Editor Kependidikan-Umum