Salah satu kegiatan BKS 2011 untuk anak-anak di Penerbit Kanisius selain outbound dan berbagai lomba adalah pendampingan Katekese Anak. Kegiatan ini dirancang untuk mengajak anak “pindah sekolah” di arena kegiatan BKS 2011 di Penerbit Kanisius. Memang sasaran kegiatan ini adalah anak-anak dalam wadah institusi sekolah mereka masing-masing. Tidak seperti tahun-tahun yang lalu, kegiatan Katekese Anak dalam rangka BKS tahun ini bisa dikatakan luar biasa karena demikian banyaknya respon dari sekolah-sekolah terhadap program ini.

 

Kegiatan ini diselenggarakan seminggu 3 kali, yakni hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Tercatat lebih dari 11 sekolah (TK dan SD) yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini, dengan jumlah total murid hampir mencapai 2.000 anak. Mereka datang berbondong-bondong ke Taman Komunikasi Penerbit Kanisius untuk bersama-sama mendalami Kitab Suci dengan berbagai macam kegiatan yang menarik. 

 

Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:

1.    Nonton Film

2.    Mendengarkan Dongeng

3.    Bernyanyi dan Menari

4.    Menggambar Perikop Kitab Suci

5.    Mewarnai Gambar Perikop Kitab Suci

6.    Bermain Puzzle

7.    Mengisi TTS

8.    Dramatisasi Kitab Suci

9.    Membuat Buku Sederhana

10.Wisata ke Situs Hidup Yesus (Pameran Panorama Kitab Suci)

11.Wisata Buku

 

 

 

 

Proses dan dinamika kegiatan ini menjadi semakin semarak, meriah, dan menyenangkan untuk anak-anak karena keterlibatan dari beberapa pihak, seperti:

1.    Pembimbing PIA Paroki

2.    Biarawan-biarawati se-Kevikepan DIY

3.    Mahasiswa IPPAK Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

4.    Para Bapak-Ibu guru sekolah

 

 

 

Harapannya, semoga seluruh rangkaian kegiatan itu bermanfaat bagi anak agar semakin dekat dengan Kitab Suci sejak usia dini. Di samping itu, keterlibatan para biarawan dan biarawati diharapkan mampu menancapkan benih-benih panggilan dengan memperkenalkan sosok biarawan dan biarawati  secara langsung sejak kecil. SEMOGA!