Kelahiran Baru Penerbit-Percetakan Kanisius sebagai PT KANISIUS


 

Tanggal 26 Januari 2014, Penerbit-Percetakan Kanisius genap 92 tahun berkarya. Setelah menjalani peziarahan yang panjang, kini saatnya Penerbit-Percetakan Kanisius lahir kembali dengan identitas baru.

Masih dengan logo berbentuk perahu layar, awal Januari ini Penerbit-Percetakan Kanisius mengawali pelayaran baru sebagai PT KANISIUS. Bentuk logo perahu layar yang berbeda dari sebelumnya, dimaksudkan untuk menandai lahirnya sebuah semangat dan dinamika baru PT Kanisius, sekaligus menegaskan komitmennya untuk semakin meningkatkan layanan kepada Gereja dan masyarakat.

Di tengah maraknya dunia Penerbitan dan Percetakan di Indonesia, PT KANISIUS hendak memberikan warna tersendiri sebagai ciri produk dan jasanya. Produk buku Kanisius haruslah mampu memberikan nilai tambah bagi pembacanya, praktis dan mudah digunakan, terpercaya kebenaran isinya, serta menjadikan pembaca mampu mengalami dinamika imannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sedangkan jasa Percetakan Kanisius haruslah terpercaya kualitasnya. Pelayaran baru PT KANISIUS, adalah pelayaran menuju keterpercayaan. PT KANISIUS hendak hadir sebagai Penerbit dan Percetakan yang terpercaya bagi Gereja dan masyarakat.

Kesemua semangat tersebut, dinyatakan dalam logo perahu layar yang mengarungi gelombang peziarahan zaman dengan segala dinamika dan tantangannya, mengedepankan karakter idealis, tahan uji, bertanggung jawab dan berspiritualitas tangguh.

 

 

 

SEKILAS SEJARAH

 

26 Januari 1922, sebuah percetakan bernama Canisius Drukker'j didirikan di Yogyakarta sebagai sebuah karya misi. Percetakan ini membantu menyediakan buku-buku pelajaran bagi sekolah kaum pribumi serta buku-buku doa bagi Gereja Katolik di Indonesia.

Sekitar 1928, Canisius Drukkerij mencetak beberapa majalah pergerakan, seperti Tamtama Dalem dan Swaratama yang memberi kontribusi penting dalam perjuangan kaum muda di Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Di awal kemerdekaan, Pemerintah Indonesia mempercayai Percetakan Kanisius untuk mencetak ORI, Oeang Republik Indonesia. Itulah pertama kalinya ORI dicetak dan diedarkan sebagai alat perjuangan mempertahankan kemerdekaan setelah proklamasi 17 Agustus 1945.

Setelah penyerahan kedaulatan Republik Indonesia, Indonesia memasuki era baru: "Proses Indonesianisasi". Percetakan Kanisius memberikan kontribusi dalam proses indonesianisasi dengan menerbitkan buku-buku pelajaran berbahasa Indonesia. Sejak saat itu karya Kanisius bukan hanya percetakan, melainkan juga penerbitan.

 



Memasuki tahun 1970-an, Penerbit dan Percetakan Kanisius dikelola dalam kerja sama harmonis antara pastor Jesuit dan awam. Pada periode ini terjadi begitu banyak langkah modernisasi, pengembangan sumber daya manusia, dan kemandirian finansial.

Pada pertengahan 1990-an kami memperluas bidang layanan hingga ke jenis produk majalah dan multimedia. Kini, setelah 90 tahun berkarya, kami tetap berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk media yang diharapkan mampu memberikan pencerahan dan memberdayakan manusia, membangkitkan sensititivitas manusia terhadap kondisi di sekitarnya.

 

anak-anak dan franklin
 


VISI DAN MISI

 

Visi:

Menjadi penerbit-percetakan profesional yang berperan aktif dalam panggilan Gereja untuk mewujudkan masyarakat yang lebih beriman dan bermartabat.

Misi:

  1. Menyediakan produk dan jasa yang berkualitas di bidang penerbitan dan percetakan untuk Gereja dan dunia pendidikan.
  2. Mengembangkan kompetensi karyawan untuk bekerja dalam tim demi kepuasan pelanggan. 
  3. Menyelenggarakan pemasaran yang etis dan efektif.
  4. Membangun sinergi dengan mitra-mitra strategis secara intensif.
  5. Mengembangkan tata kelola perusahaan yang sehat, transparan, dinamis, dan akuntabel.
  6. Mendukung karya Pendidikan


BIDANG PERHATIAN PENERBITAN

 

“Menjadi Mitra Gereja dan Dunia Pendidikan” adalah motto yang saat ini menjadi perhatian kami dalam karya. Kami menerbitkan buku dan multimedia yang memberikan manfaat pencerahan bagi banyak orang, sekaligus mampu menjaga keberlangsungan kami dalam karya terutama untuk dua bidang tersebut.

 

Di tengah dinamika masyarakat Indonesia yang  beragam, kami memilih untuk menerbitkan produk yang memotivasi dan memberdayakan manusia untuk aktualisasi diri secara optimal, mandiri, dan bertanggung jawab, dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Produk-produk yang saat ini menjadi bidang garapan kami adalah buku-buku gerejawi serta buku-buku pendidikan dan umum.  

 


 

Kategori buku pendidikan dan umum meliputi buku-buku teks untuk sekolah dan perguruan tinggi, baik formal maupun informal. Selain buku-buku teks, kami juga menerbitkan buku-buku inspirasi pendidikan yang memotivasi orang untuk menerapkan pendekatan alternatif yang kreatif dan menyenangkan, serta buku-buku referensi di bidang pertanian-peternakan, teknologi tepat guna, hobi, kriya, kepribadian, psikologi, kesehatan, hingga buku-buku referensi sosial, ekonomi, budaya, dan filsafat.


Kategori buku gereja meliputi buku-buku doa, liturgi, inspirasional, kitab suci, teks teologi, spiritualitas, hingga sejarah Gereja.

 

 

KERJASAMA DENGAN PENERBIT ASING

 

Untuk menyediakan produk buku maupun multimedia yang berkualitas, kami juga menjalin kerja sama yang intensif dengan penerbit-penerbit asing kenamaan seperti Dorling Kindersley, Lion Publishing, Auralog, Finken-Verlag, Cambridge University Press, dan banyak penerbit lain.

 

 

TAMAN KOMUNIKASI KANISIUS

 

Sebuah gedung, lengkap dengan sarana auditorium (ruang Kepodang), showroom, dan halaman hijau yang luas dan teduh, disediakan untuk berkembangnya komunikasi dengan banyak pihak. Sejak 1992, Taman Komunikasi Kanisius telah menjalankan peran sebagai sebuah ruang publik yang nyaman bagi masyarakat. Taman Komunikasi Kanisius, yang berlokasi di kantor pusat (Yogyakarta) ini merupakan jembatan komunikasi dengan berbagai pihak, berbagai kalangan, segala usia, tanpa pandang sekat-sekat perbedaan dalam masyarakat.

 











 

JARINGAN KEMITRAAN

 

Menghasilkan produk yang relevan dan berkualitas saja tidaklah cukup. Kami secara intensif mengembangkan jaringan kemitraan, lewat berbagai asosiasi, terutama yang berhubungan dengan bidang komunikasi dan pengembangan profesionalisme. Penerbit-Percetakan Kanisius berpartisipasi aktif dalam IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia), Seksama (Sekretariat Bersama Penerbit Katolik), PLKI (Persekutuan Literatur Kristen Indonesia), AYUB (Asosiasi Yayasan untuk Bangsa), dan WACC (World Association for Christian Communication).

 

 

LAYANAN PERCETAKAN

 

Layanan percetakan kami telah tumbuh dan berkembang melewati zaman. Konsumen mengenal proses cetak kami sebagai proses yang menghasilkan kualitas cetak terpercaya selama bertahun-tahun. Demi menjamin kualitas layanan, kami senantiasa memperbarui teknologi percetakan. Kini, layanan kami dilengkapi dengan mesin-mesin pracetak modern, mesin cetak offset empat warna, dan mesin cetak digital modern.

 

 

PENGELOLAAN LINGKUNGAN

 

Memelihara dan merawat lingkungan merupakan bagian dari komitmen kami. Itulah sebabnya kami selalu menjaga keberlangsungan alam yang bersih dan indah dengan mengelola limbah secara baik. Secara periodik kami mengontrol kualitas limbah cair yang telah kami olah secara kimiawi hingga tidak lagi membahayakan. Pohon-pohon hijau dan rerumputan di seluruh lingkungan kantor kami merupakan salah satu bukti dan perwujudan komitmen kami untuk memelihara lingkungan.

 

 

 

Silakan buka juga: http://www.kanisiusmedia.com/video/detail/15

 

 

PEMASARAN DAN DISTRIBUSI



 

Produk kami tersebar ke seluruh penjuru Nusantara dan beberapa kota di luar negeri. Agen dan toko buku merupakan mitra distribusi yang terpercaya. Untuk semakin dekat dengan konsumen, kami mendirikan beberapa kantor pemasaran di kota-kota besar Indonesia: Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Palembang.

 

 

Alamat:
Kantor Pusat Yogyakarta

Jl. Cempaka No. 9 Deresan, Caturtunggal,
Depok, Sleman, Yogyakarta 55281, Indonesia

Telp. 0274-588783
Fax. 0274-563349
E-mail: office@kanisiusmedia.com
Website: www.kanisiusmedia.com
CSO: Selvi Lumingas – 08164263378;
cso@kanisiusmedia.com

Khusus wilayah DIY dan Jateng:
CP: FX. Ryantara Wahyu A. - 085743538888


Kantor Pemasaran Jakarta

Kompleks Ruko Kranggan Permai, RT 16/4

Jl. Alternatif Cibubur, Jatisampurna,
Bekasi 17433, Indonesia

Telp. 021-84596565
Fax. 021-84307525
E-mail: jakarta@kanisiusmedia.com
CP: Devix Heriyono - 085691190045

 

Kantor Pemasaran Surabaya

Kompleks Ruko Rungkut Megah Blok H/1
Jl. Raya Rungkut No. 5,
Surabaya 60293, Indonesia

Telp. 031-8709929, 8709201
Fax. 031-8709928
E-mail: surabaya@kanisiusmedia.com
CP: Thomas Louis - 081326000784; PIN 53CB09E3;
thomas_luis@kanisiusmedia.com


Kantor Pemasaran Palembang

Kompleks Pertambangan “Taman Kenten” No. 99B

Jl. Bukit Kenten RT/RW 01/01

Kel. Duku, Kec. Ilir timur II,
Palembang, Indonesia

Telp./Fax. 0711-713314
E-mail: palembang@kanisiusmedia.com
CP: Y. Budiyanta - 081368835676


Kantor Pemasaran Distrik Bandung

Kompleks Cikutra Baru
Jl. Palad Jaya Raya No. 39A RT 02

Neglasari, Cibeunying Kaler

Bandung 40124, Indonesia

Telp. 022-87787800
E-mail: bandung@kanisiusmedia.com
CP: Yohanes Sukandar - 081220505042


Kantor Pemasaran Distrik Tangerang

Perum Villa Melati Mas

Blok J4 No. 3 Serpong, Tangerang, Indonesia
Telp. 088809819178

 

Taman Komunikasi Katedral

Jl. Katedral No. 7 Jakarta Pusat, Indonesia
Telp. 021-50326274
 

Taman Komunikasi Santa Maria

Jl. Daan Mogot No. 14,
Pondok Karya Tangerang, Indonesia
Telp. 08888134029
 

Taman Komunikasi Santo Laurensius

Alam Sutera Tangerang

Jl. Sutera Utama, No. 2 Alam Sutera, Serpong Utara
Tangerang Selatan 15326, Indonesia
Telp. 08888128303
Jadwal buka:
Senin Pukul 08.00-12.00 WIB
Selasa Libur
Rabu-Sabtu Pukul 08.00-12.00 WIB (Pagi); Pukul 17.00-20.00 WIB (Sore)
Minggu Pukul 07.00-14.00 WIB (Pagi); Pukul 16.00-21.00 WIB (Sore)

Email : alamsutera@kanisiusmedia.com

 

Bank:

BCA   No. Rek.   037-342585-8   a.n. PT. KANISIUS
BNI    No. Rek.   588783-8887    a.n. PT. KANISIUS
Mandiri         No. Rek.   137-00-1095419-2    a.n. PT. KANISIUS
CIMB Niaga   No. Rek.   166-01-00013-00-7   a.n. PT. KANISIUS

 

Temukan Kami di Google Map

 

Lihat Peta Lebih Besar