Inspirasi Hari Ini

  • Doa Seorang Ibu


     

    Hari ini kita memperingati Santa Monika, ibu dari Agustinus, seorang pendosa yang bertobat dan menjadi Uskup dan Pujangga Gereja serta menjadi orang kudus juga. Santa Monika bertekun dalam doa demi pertobatan putranya, Agustinus. Kisah Santa Monika dan kembalinya Agustinus pada hidup Kristiani yang saleh ini sejalan dengan kisah seorang janda di Nain. Ia ditinggal mati oleh anaknya yang tunggal namun kemudian dibangkitkan oleh Yesus.

     

    Kematian  adalah  simbol  kegelapan.  Hidup  yang  jauh  dari  Tuhan  juga  merupakan kegelapan. Manusia yang berada dalam kegelapan, tentu amat menyedihkan bagi orangorang di sekitarnya. Orang-orang terdekat yang paling mengalami kesedihan adalah ibu. Ibu menjadi sosok yang mengalami kesedihan dan menjadi lemah ketika anak-anaknya masuk dalam kegelapan. Yang menjadi satu-satunya kekuatan seorang ibu ialah kekuatan doa.

     

    Hanya ketulusan doanyalah yang ia miliki untuk menolong anaknya. Dalam  bacaan  Injil  dan  bacaan  pertama,  tampak  bahwa  mereka  yang  lemah  di  mata dunia menjadi pilihan Allah untuk menunjukkan kekuatan kasih Tuhan. Ketulusan doa seorang ibu menjadi kekuatan yang luar biasa untuk mengembalikan anak yang dicintainya menuju terang. Di situ pulalah tampak besarnya kuasa kasih Allah. Dan kebahagiaan seorang ibu pertama-tama ialah bagi anaknya yang sudah kembali ke jalan yang benar. Inilah anugerah besar yang Tuhan berikan, baik bagi ibu maupun anaknya.

     

    Bagi  Anda  yang  menjadi  seorang  ibu,  saya  percaya  ibu  akan  senantiasa  mendoakan segala yang terbaik bagi anak-anaknya. Bagi kita yang dikaruniai kehadiran seorang ibu dalam hidup, tahukah kita bahwa dalam saat heningnya bersama Tuhan, dia selalu mendoakan kita bahkan terkadang diiringi dengan tetes air mata? Sudah (pernah)kah kita berterima kasih atas doa-doa tulus sang ibu dan mendoakannya juga? (KAN)

     

    Inspirasi Batin Jilid 2 Mei-Agustus 2016