Inspirasi Hari Ini

  • Siap menyambut Kristus Siap mewartakan Kristus

     

    Hari  ini  Injil  mengisahkan  kelahiran  Yohanes  Pembaptis,  saudara  sepupu  Yesus yang akan mempersiapkan jalan bagi kedatangan Yesus. Ia adalah nabi yang telah dinubuatkan oleh Maleakhi, sebagai utusan Tuhan yang akan mempersiapkan jalan di hadapan Tuhan. Ia adalah Elia yang datang menjelang datangnya hari Tuhan. Dalam pembaptisannya  kelak,  Yohanes  menyerukan  pertobatan  yang  membuat  hati  para  bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapanya.

     

    Kelahiran Yohanes Pembaptis ini bagi kita merupakan seruan bahwa kedatangan Tuhan sungguh sudah dekat. Ia mempersiapkan hati manusia untuk lepas dari sikap pesimis dan iman yang setengah hati. Terikatnya lidah Zakharia merupakan lambang terikatnya kita dalam kemurungan akibat iman yang tidak sepenuh hati. Zakharia adalah seorang imam Bait Allah, namun ia tidak percaya pada kuasa Allah yang berkarya bahkan di tengah ketidakmungkinan.

     

    Kita juga sering menjadi pesimis dengan masa depan yang lebih baik, lantas kita tinggal diam; enggan  melakukan  perbuatan-perbuatan  kasih  bagi  sesama;  lebih  memilih  tinggal  dalam posisi nyaman dan mengikuti arus yang jelas menuju pada kebinasaan. “Bangkitlah dan angkatlah mukamu,” demikian seru pemazmur. Jangan lagi kita tinggal diam, membiarkan diri terikat dengan kenyamanan. Lepaslah dari ikatan itu seperti ikatan lidah Zakharia yang terlepas setelah Kelahiran Yohanes. Tampilkanlah iman yang teguh, yang senantiasa memancarkan kasih bagi sesama sebagaimana Bapa yang penuh kasih berkarya bagi umat manusia. Orang-orang yang tidak mengenal Allah yang adalah kasih, mungkin akan bertanya-tanya atau bahkan mencibir karena kita masih terus berkarya dengan semangat dan gembira, walaupun terus ditindas dengan segala cara. Yang kita imani adalah Kristus.

    Kita siap menerima kedatangan Kristus, dan kita siap mewartakan Kristus. Tuhan senantiasa beserta kita. (KAN)

     

    Teks diambil dari Inspirasi Batin Jilid 3 September-Desember 2016