Inspirasi Hari Ini

  • Berbuat Seperti yang Kita Inginkan Orang Lain Buat

     

    Suatu  hari  seorang  suami  marah  pada  istrinya  karena  istrinya  tidak  terbuka menceritakan apa yang dilakukan dalam pertemuannya dengan mantan teman dekatnya dulu sebelum menikah. Bahkan suami itu menuduhnya ada main. Padahal si suami sendiri tidak pernah bercerita kepada istrinya kalau dia bertemu dengan mantan pacarnya yang dulu, bahkan juga tidak cerita perjumpaannya dengan teman-teman lain. Sang suami ingin istrinya terbuka, tetapi ia sendiri tidak terbuka pada istrinya.

     

    Waktu  Paus  Fransiskus  memberikan  pidato  di  depan  Kongres  Amerika  Serikat,  salah satu isi yang mendapatkan tepuk tangan luar biasa sambil berdiri adalah ucapannya tentang pepatah emas (the golden words) yaitu: “Buatlah kepada orang, apa yang Anda ingin mereka buat untuk Anda”. Artinya kalau kita ingin orang lain mencintai kita, maka kita harus mencintai mereka. Kalau kita ingin dihargai, maka kita hendaklah menghargai mereka. Tampaknya ucapan Paus Fransiskus itu mengambil pepatah yang diungkapkan Yesus dalam injil hari ini, “Segala sesuatu yang kamu ingin orang lain perbuat bagimu, buatlah juga bagi mereka”. Nasihat  Yesus  ini  sangat  sederhana  tetapi  tidak  mudah  dan  menuntut  perjuangan untuk melakukannya. Kalau kita ingin diperlakukan oleh orang lain secara baik dan adil, kita pun harus memperlakukan orang lain secara baik dan adil. Kalau kita ingin orang lain menghormati kita, maka kita harus menghormati orang lain. Kalau kita ingin dicintai orang lain, kita pun harus mencintai mereka. Kalau kita ingin orang lain mengampuni dan murah hati pada kita, kita pun harus berbuat murah hati.

     

    Secara umum kita semua pasti ingin diperlakukan baik oleh orang lain dalam hidup ini. Hampir tidak ada orang yang ingin diperlakukan tidak baik oleh orang lain. Itu berarti bahwa kita semua diharapkan memperlakukan orang lain secara baik pula.

     

    Bagaimana sikap kita kepada orang lain? Apakah nasihat Yesus itu sudah kita lakukan dalam hidup kita? Apakah kita selalu berlaku adil terhadap orang lain? Apakah kita menghargai hak asasi setiap orang yang kita jumpai dan bicarakan? (PS)

    Teks diambil dari buku Inspirasi Batin 2016 Jilid 2 (Mei-Agustus) halaman 152