Risalah Kegiatan Pendalaman Materi untuk Orang Muda Katolik




 

LATAR BELAKANG

 

Kongres Ekaristi adalah sebuah pertemuan (gathering/statio) para klerus dan awam, baik internasional, nasional ataupun dalam skala regional yang didedikasikan untuk memperkuat, mengaktifkan hubungan personal dengan Kehadiran Nyata Kristus (Real Presence) menuju sebuah pengertian, kecintaan dan pengalaman yang mendalam tentang Misteri Ekaristi.Secara istimewa hal ini tampak dalam aspek eksistensial (dihubungkan dengan kehidupan manusia); melalui adorasi Sakramen Mahakudus, pengajaran-pengajaran, ceramah-ceramah, diskusi-diskusi tentang Ekaristi.

 

Kongres Ekaristi adalah inisiatif Emile Tamisier (1834-1910) atas inspirasi Uskup Gaston de Segur dan Peter Yulian Eymard (kemudian Santo Petrus Yulianus). Kongres Ekaristi Internasional pertama kali dilaksanakan di Lille, Perancis pada 28-30 Juni 1881 oleh Uskup Henri Monnier atas persetujuan dan dukungan Paus Leo XIII. Kongres diikuti 8.000 peserta dari negara-negara Eropa, Amerika, dan Asia. Santo Paschalis Baylon dijadikan Santo Pelindung Konggres Ekaristi oleh Paus Leo XIII pada tahun 1897.

Semula Kongres Ekaristi Internasional diadakan dua tahun sekali, lalu tiga tahun sekali. Namun, sekarang Kongres Ekaristi dilaksanakan empat tahun sekali. Kongres Ekaristi Internasional ke – 50 akan diselenggarakan di Dublin, Irlandia tanggal 10-17 Juni 2012 dengan tema Ekaristi: Bersatu dengan Kristus dan Bersatu Antara Kita”.

 

Di Indonesia, Kongres Ekaristi pernah diadakan pada tanggal 29-31 Juli 1939 di Yogyakarta. Kongres Ekaristi tersebut bertujuan untuk merayakan syukur atas Injil yang telah diwartakan dan diterima dengan terbuka di tanah Jawa. Penyelenggaraan Kongres Ekaristi tahun 1939 tersebut dimungkinkan karena adanya ijin dari Kerajaan Mataram di Yogyakarta. Pada tanggal 27 – 29 Juni 2008 diselenggarakan Kongres Ekaristi Keuskupan I Keuskupan Agung Semarang di Ambarawa dengan tema “Ekaristi, Berbagi Lima Roti dan Dua Ikan”. Maka Kongres Ekaristi Keuskupan yang diselenggarakan pada tanggal 22 – 24 Juni 2008 nanti merupakan Kongres Ekaristi Keuskupan II KAS. Selanjutnya Kongres Ekaristi Keuskupan di KAS ini akan diadakan setiap empat tahun sekali bersamaan dengan penyelenggaraan Kongres Ekaristi Internasional.

 

Dalam Arah Dasar Umat Allah Keuskupan Agung Semarang 2011-2015, Gereja Keuskupan Agung Semarang bercita-cita menjadi semakin signifikan dan relevan, baik bagi dirinya sendiri maupun masyarakat.

 

Cita-cita ini bisa terwujud kalau seluruh umat memiliki iman yang mendalam dan tangguh. Iman yang mendalam dan tangguh hanya mungkin terjadi kalau seluruh umat sungguh-sungguh menyatu dan mengakar dengan Kristus Sang Kepala . Untuk itulah direncanakan KONGRES EKARISTI KEUSKUPAN (KEK) II KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG. Kongres Ekaristi Keuskupan II Keuskupan Agung Semarang ini bertema: “TINGGAL DALAM KRISTUS DAN BERBUAH”. Tema ini direfleksikan dengan aneka kegiatan yang direncanakan berbagai tim kerja.

 

Panitia berharap, umat beriman akan memperoleh manfaat dan terdorong untuk menjadi semakin beriman mendalam dan tangguh melalui kegiatan ini. Pada akhirnya pengalaman tinggal dalam Kristus yang dialami oleh peserta kongres dapat membawa mereka menghasilkan buah bagi kesejahteraan umum.

 

 

TUJUAN

 

Kongres Ekaristi Keuskupan II Keuskupan Agung Semarang ini bertujuan membantu Peserta (baik Utusan, Panitia maupun Umat Peminat) Kongres Ekaristi Keuskupan II dan seluruh umat untuk,

1.        merefleksikan apakah semangat dan sikap berbagi yang telah digali dan dikembangkan pada Kongres Ekaristi Keuskupan I telah benar-benar digerakkan oleh motivasi dari dalam, dari kelimpahan kasih yang dialami dari Tuhan sendiri, atau sering dibarengi oleh motivasi eksternaldan terkadang kurang mendalam.

2.        menyadari bahwa sebagai Umat Allah perlu memiliki kedalaman hubungan dengan Kristus. Kedalaman hubungan dengan Kristus itu diupayakan dengan tinggal dalam Kristus.

3.        mengalami kedalaman hidup yang berakar pada Kristus, sehingga semakin digerakkan untuk secara sadar menerima dan melaksanakan tugas perutusan Gereja yang signifikan dan relevan. Dengan demikian pelaksanaan tugas perutusan itu merupakan buah dari pengalaman tinggal dalam Kristus.

4.        melaksanakan Perayaan Ekaristi dan Adorasi serta terlibat dalam karya-karya Gereja dengan tekun dan setia.

 

 

KEGIATAN

 

A.     Waktu dan Tempat

 

       1.  Waktu

Jumat, 22 Juni 2012 – Minggu, 24 Juni 2012

       2. Tempat

Daerah Istimewa Yogyakarta yakni di:

-      Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran (dewasa dan orang tua),

-      Paroki Santo Yakobus Klodran-Bantul (orang muda),

-      Hati Kudus Yesus Pugeran (anak-remaja) – serta Paroki Santo Petrus

-      Paulus Klepu untuk Jaringan Persaudaraan Kelompok Doa Keuskupan Agung Semarang

 

B.     Peserta

 

Kegiatan akan diikuti oleh sekitar 1.200 peserta yang terdiri atas utusan paroki se-Keuskupan Agung Semarang (91paroki), utusan berbagai kelompok kategorial, utusan kelompok doa, perwakilan biarawan/wati, dan utusan dari keuskupan di Regio Jawa PLUS: Jakarta, Bandung, Bogor, Purwokerto, Malang, Surabaya, dan Tanjungkarang.

 

BENTUK ACARA

 

Bentuk acara Kongres Ekaristi Keuskupan II Keuskupan Agung Semarang disusun dengan memperhatikan kekhasan dan dinamika peserta Kongres Ekaristi Keukuspan II Keuskupan Agung Semarang yang terdiri dari 3 kategori yaitu peserta dewasa dan orang tua, Orang Muda Katolik (OMK) dan Anak Remaja (AR) yang disusun dengan alur pendalaman Materi sebagai berikut:

 

Pra KEK -- buah-buah KEK I menjadi dasar KEK II -- Merefleksikan pengalaman pribadi Tinggal dalam Kristus -- diteguhkan secara biblis, spiritual dan praksis dari pembicara -- melihat contoh buah-buah pengalaman tinggal dalam kegiatan sospos, KLTMD, kelestarian lingkungan -- membangun niat pribadi dan bersama -- membagikan pengalaman dan mengajak mewujudkan niat bersama umat lingkungan -- mempersembahkan niat-niat dan kehendak untuk berbuah melalui adorasi.

 

SUSUNAN ACARA
 

Silakan dibaca di sini : Duc in Altum!
 


Referensi buku-buku seputar Ekaristi bisa dilihat dalam poster di bawah ini :